Softskill: Ekonomi Indonesia
ORGANISASI
1. PENGERTIAN ORGANISASI
Pengertian
organisasi merupakan sekumpulan orang-orang yang disusun dalam
kelompok-kelompok, yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama, Organisasi
adalah system kerjasama antara dua orang atau lebih, atau organisasi adalah
setiap bentuk kerjasama untuk pencapaian tujuan bersama, organisasi adalah
struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok
orang pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama
mencapai tujuan tertentu.
a. Organisasi Menurut Stoner
Organisasi
adalah suatu pola hubungan-hubungan orang-orang di bawah pengarahan manajer
(pimpinan) untuk mengejar tujuan bersama.
b. Organisasi Menurut James D. Mooney
Organisasi
adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
c. Organisasi Menurut Chester I. Bernard
Organisasi
merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau
lebih.
2.
BENTUK-BENTUK
STRUKTUR ORGANISASI
A.
Organisasi dalam bentuk lini atau
garis ( Line Organization)
Merupakan bentuk organisasi tertua dan paling sederhana,
duciptakan oleh Henry Fayol.Ciri ciri bentuk organisasi ini yaitu
organisasinya masih kecil,jumlah karyawan sedikit dan saling mengenal serta
spesialisasi kerja belum tinggi. Organisasi lini adalah suatu bentuk organisasi
yang menghubungkan langsung secara vertical antara atasan dengan bawahan, sejak
dari pimpinan tertinggi sampai dengan jabatan-jabatan yang terendah, antara
eselon satu dengan eselon yang lain masing-masing dihubungkan dengan garis
wewenang atau komando. Organisasi ini sering disebut dengan organisasi militer.
Organisasi Lini hanya tepat dipakai dalam organisasi kecil. Contohnya; Perbengkelan, Kedai Nasi, Warteg, Rukun
tetangga.
B.
Organisasi Garis Dan Staff
Dianut oleh organisasi besar, daerah kerjanyanya luas dan
mempunyai bidang tugas yang beraneka ragam serta rumit dan jumlah karyawannya
banyak.Staff yaitu orang yang ahli dalam bidang tertentu yang tugasnya
memberi nasihat dan saran dalam bidang kepada pejabat pemimpin didalam
organisasi.
C.
Organisasi Fungsional
Organisasi yang disusun atas dasar fungsi yang harus
dilaksanakan. Organisasi ini dipakai pada perusahaan yang pembagian tugasnya
dapat dibedakan dengan jelas. Dimana kekuasaan pimpinan dilimpahkan kepada para
pejabat yang memimpin satuan dibawahnya dalam satuan bidang pekerjaan tertentu.
D.
Organisasi
panita atau komite
Yaitu organisasi yang masing-masing anggota mempunyai
wewenang yang sama dan pimpinannya kolektif. Dimana para pelaksana dibentuk dalam
kelompok-kelompok yang bersifat panitia.
3.
KOPERASI di BEKASI
a.
Koperasi Simpan Pinjam Murni
Jl. KH Agus Salim 71-H, Bekasi Jaya, Bekasi Timur (17112)
b.
Koperasi Dua Lima Jaya Bekasi
Jl. Jayawijaya Raya Harapan Jaya BI B, Harapan Jaya, Bekasi
Utara (17124)
c.
Koperasi Pegawai RSUD Bekasi
Jl. Pramuka 55, Marga Jaya, Bekasi Selatan
d.
Koperasi Karyawan “PT Dicky Metals”
Jl. Raya Kali abang, Harapan Jaya, Bekasi Utara
Sumber:
FATMAWATI
(22212810) 2EB20
thanks ya infonya !!!
BalasHapuswww.bisnistiket.co.id