Selasa, 29 Maret 2016

SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN NEGARA AMERIKA, JEPANG, CHINA, INDIA, dan MEKSIKO

BAB II
SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN NEGARA AMERIKA, JEPANG, CHINA, INDIA, dan MEKSIKO

Sistem Akuntansi Keuangan Negara Amerika
Akuntansi di AS diatur oleh Badan Sektor Swasta (Badan Standar Akuntansi Keuangan, atau Financial Accounting Standards Boardi – FSAB), namun sebuah lembaga pemerintah (Komisi Pengawas Pasar Modal atau Securities Exchange Commission – SEC) juga memiliki kekuasaan untuk menerapakan standarnya sendiri.
Hingga tahun 2002 Institut Amerika untuk Akuntan Publik bersertifikat, badan sektor swasta lainnya, menetapkan Standar Auditing. Pada tahun itu Badan Pengawas Akuntansi Perusahaan Publik didirikan dengan kekuasaan yang luas untuk mengatur audit dan auditor perusahaan publik. 
Dalam akuntansi terapan di Indonesia kita mengenal yang namanya SAK (Standar Akuntansi Keuangan), di Amerika lebih dikenal dengan nama GAAP (General Accepted Accounting Principal. Ada 8 Tipe Komponen Laporan Keuangan di Amerika : 1) Lap Manajemen 2) LapAuditor Independen 3) Lap Keuangan Primer 4) Diskusi manajemen dan analisis hasil operasional dan kondisi keuangan 5) Penjelasan mengenai kebijakan akuntansi dengan dampak yang paling kritis pada laporan keuangan 6) Catatan atas laporan keuangan 7)Perbandingan data keuangan selama 5 atau 10 tahun 8) Data triwulan terpilih.Pengukuran akuntansi Pengukuran dengan dasar akrual sangat luas dan pengakuan transaksi dan peristiwa sangat bergantung pada konsep penandingan. Jika perubahan dalam praktik atau prosedur terjadi, maka harus diungkapkan.

Sistem Akuntansi Keuangan Negara Jepang
Pasar saham di Jepang signifikan, tetapi tradisi akuntansinya lebih mengutamakan kebutuhan informasi kreditur dan otoritas pajak. Commercial Code diintroduksi tahun 1890 dengan tujuan memproteksi kreditur. Setelah Perang Dunia II, Commercial Code direvisi untuk memproteksi investor juga. Pada tahun 1948, diintroduksi sebuah undang - undang bursa dan sekurotas yang baru yang modelnya seperti undang - undang sekuritas AS tahun 1933 dan 1934.
Instruksi - instruksi pemerintah terlibat langsung dalam penentuan standar akuntansi. Business Accounting Deliberation Council (BADC), yang menetapkan standar akuntansi keuangan merupakan sebuah badan advisori dalam Ministry of Finance (MOF). MOF bertanggung jawab atas undang - undang bursa dan sekuritas dan regulasi akuntansi yang terkait. Di lain pihak Ministry of Judtice bertanggung jawab atas aplikasi Commercial Code. Dengan sistem akuntansi yang berada di bawah yurisdiksi dua institusi pemerintah, tidak ada pendekatan regulasi yang terpadu.
Profesi akuntansi di Jepang masih kecil dan kurang berpengaruhi dalam proses penentuan standard akuntansi, tetapi memberikan rekomendasi dalam aplikasi praktik regulasi akuntansi legal. Japanese Institute of Certified Public Accountants didirikan dengan undang - undang tahun 1948, walaupun badan sebelumnya sudah ada semenjak tahun 1927. Pada tahun 1991, sebuah badan baru, Corporation Finance Research Institute (COFRI) juga didirikan dengan tujuan untuk memberikan nasihat otoritatif kepada BADC di MOF. Kepentingan khusus dalam aspek internasional dari regulasi akuntansi menjadi sebuah motivasi penting dalam perkembangan yang baru ini.
Banyak perusahaan yang menyusun set laporan keuangan tambahan dalam bahasa Inggris untuk para pembaca akun asing yang sering disebut sebagai translasi sederhana. Pada tahun 2006 terdapat lebih - kurang 30 perusahaan Jepang yang terdaftar di AS yang menyusun laporan keuangan konsolidasian berdasarkan PABU AS, dan bukannya merekonsiliasi laba dan ekuitas pemegang saham yang didasarkan pada PABU Jepang. Di Jepang juga telah didirikan dewan standard akuntansi yang mirip dengan FASB di AS. Jepang sudah mulai terdorong untuk lebih berpartisipasi di dalam proses penentuan standard akuntansi internasional.

Regulasi dan Pelaksanaan Akuntansi
Pemerintah nasional memiliki pengaruh yang signifikan terhadap akuntansi Jepang. Regulasi akuntansi berdasarkan pada tiga badan hukum: undang - undang perusahaan (company low), undang - undang pertukaran dan sekuritas (securities and exchange law), dan undang - undang pajak penghasilan perusahaan (corporate income tax law). Ketiga badan hukum tersebut saling berhubungan dan berinteraksi satu sama lain yang disebut sebagai “sistem legal triangular.
Undang - undang perusahaan diatur oleh Ministry of Justice (MOJ). Hukum tersebut merupakan inti dari regulasi akuntansi di Jepang dan yang paling memiliki pengaruh besar. Semua perusahaan yang didirikan berdasrkan undang - undang perusahaan diwajibkan untuk memenuhi ketentuan akuntansi.
Berdasarkan Undang - undang perusahaan, laporan keuangan serta jadwal yang mendukungpada perusahaan kecil dan menengah merupakan subjek untuk audit hanya oleh auditor yang berwenang. Baik auditor berwenang atau independen, keduanya harus mengaudit laporan keuangan yang dipublikasikan oleh perusahaan sesuai dengan undang - undang pertukaran dan sekuritas. Auditor yang berwenang tidak memerlukan kualifikasi profesional dan ditugasi oleh perusahaan secara penuh. Audit berwenang biasanya fokus pada manajerial direktur dan baik bekerja sesuai dengan kewenangannya tau tidak. Auditor independen melibatkan pemeriksaanterhadap laporan dan catatan keuangan, serta harus dilakukan oleh akuntan publik bersertifikasi (certified public accountans - CPAs).

Pelaporan keuangan
Peusahaan yang didirikan menurut hukum komersial diwajibkan untuk menyusun laporan wajib yang harus mendapat persetujuan dalam rapat tahunan pemegang saham, yang berisi hal-hal berikut:
1. Neraca
2. Laporan laba rugi
3. Laporan usaha
4. Proposal atas penentuan penggunaan (apropriasi) Laba Ditahan
5. Skedul pendukung
Perusahaan yang mencatatkan sahamnya juga harus menyusun laporan keuangan sesuai dengan Undang - Undang Pasar Modal (Securities and Exchange Laws-SEL) yang secara umum mewajibkan laporan keuangan dasar yang sama dengan Hukum Komersial ditambah dengan laoran arus kas. Namun demikian, menurut SEL, laporan keuangan konsolidasilah yang menjadi perhatian utama, bukan laporan keuangan induk perusahaan. Catatan kaki skedul tambahan juga diwajibkan. Laporan keuangan dan skedul yang disusun sesuai dengan SEL harus diaudit oleh auditor independen.

Pengukuran Akuntansi
Hukum komersial mewajibkan perusahaan - perusahaan besar untuk menyusun laporan konsolidasi. Selain itu, perusahaan yang mencatatkan saham harus menyusun laporan keuangan konsolidasi sesuai dengan SEL. Akun perusahaan terpisah merupakan dasar bagi laporan konsolidasi dan umumnya prinsip akuntansi yang sama digunakan untuk keduanya. Anak perusahaan dikonsolidasikan jika induk perusahaan secara langsung dan tidak langsung mengendalikan kebijakan keuangan dan operasionalnya. Meskipun metode penyatuan kepemilikan diperbolehkan, metode pembelian untuk penggabungan usaha umumnya digunakan. Goodwill diukur menurut dasar nilai wajar aktiva bersih yang diakuisisi dan diamortisasi selama maksimum 20 tahun. Metode ekuitas digunakan untuk investasi pada perusahaan afiliasi ketika induk dan anak perusahaan memiliki pengaruh signifikan terhadap kebijakan keuangan dan operasionalnya. Metode ekuitas juga digunakan untuk mencatat usaha patungan; konsolidasi secara proporsional tidak diperbolehkan. Berdasarkan standar translasi mata uang asing yang direvisi pada tahun 1999, aktiva dan kewajiban anak perusahaan asing ditranslasikan berdasarkan nilai tukar kini (akhir tahun), pendapatan dan beban berdasarkan nilai tukar rata-rata dan penyesuaian translasi disajikan dalam ekuitas pemegang saham.
Persediaan dapat dinilai berdasarkan biaya perolehan atau mana yang lebih rendah antara biaya atau harga pasar;namun biaya yang paling banyak digunakan. Namun demikian, persediaan harus diturunkan nilainya menjadi sebesar nilai pasar jika terdapat penurunan nilai yang signifikan dan permanen. FIFO, LIFO, dan rata-rata seluruhnya merupakan metode arus biaya yang dapat diterima, dan yang paling populer adalah rata-rata. Investasi pada surat berharga dinilai sebesar nilai pasar. Aktiva tetap dinilai sebesar nilai pasar. Aktiva tetap dinilai sebesar biaya perolehan dan disusutkan sesuai dengan hukum pajak. Metode saldo menurun merupakan metode depresiasi yang paling umum.
Biaya penelitian dan pengembangan dibebankan pada saat terjadinya. Sewa guna usaha yang mengalihkan kepemilikan kepada pihak penyewa (lessee) harus dikapitalisasikan. Sewa guna usaha pembiayaan lainnya dapat dikapitalisasikan atau diperlakukan sebagai sewa guna usaha biasa. Pajak tangguhan terjadi untuk seluruh perbedaan karena waktu dengan menggunakan metode kewajiban. Kerugian kontinjensi terjadi jika mungkin terjadi dan besarnya dapat diestimasikan dengan. Pensiun dan kewajiban pensiun karyawan lainnya diakru secara penuh pada saat karyawan menghasilkannya dan kewajiban belum didanai harus disajikan dengan kewajiban. Cadangan wajib harus dilakukan : setiap tahun perusahaan harus mengalokasikan jumlah yang setara dengan setidaknya 10% dari dividen tunai dan bonus yang dibayarkan kepada direktur dan auditor wajib hingga cadangan wajib mencapai 25% dari modal saham.

Sistem Akuntansi Keuangan Negara China
Pada 1940-an, di Republik Rakyat China (RRC) diterapkan sistem akuntansi berorientasi Barat untuk korporasi - korporasi besar. Tetapi, berdirinya RRC pada 1949 membawa perubahan dramatis dengan diperkenalkannya akuntansi gaya Uni Sovyet dan penekanan pada keseragaman serta pengendalian terpusat terhadap perencanaan nasional. 
Pada 1978, pendekatan ini mlai dimodifikasi seiring kebijaka "pintu terbuka" serta program modernisasinya. Reformasi menuju ekonomi yang lebih berorientasi pasar telah menimbulkan serangkaian reformasi akuntansi. Undang - undang Akuntansi RRC, yang diadopsi 1985 dan direvisi 1993 dan juga 1999, menetapkan prinsip - prinsip umum mengenai sifat dan peran akuntansi serta memberdayakan Ministry of Finance (MOF) untuk menerbitkan standar akuntansi.
Pada 1992, Standar Akuntansi Dasar untuk Perusahaan Bisnis, yang merupakan rerangka konseptual akuntansi RRC, diterbitkan. Awal 1993, disusun standar akuntansi khusus mengenai berbagai macam topik. Tahun 1998, aturan - aturan lama untuk perusahaan saham gabungan (joint stock companies) diganti dengan Accounting System for Joint Stock Limited Enterprise. Setelah dilakukan revisi terhadap Undang - Undang Akuntansi 1999, Dewan Negara RRC juga menerbitkan Financial Accounting and Reporting Rules (FARR) for Enterprise, yang memperbarui definisi - definisi aset, utang, modal pemilik, pendapatan, dan biaya. FAAR juga merinci kompo nen-komponen laporan keuangan, yang meliputi laporan arus kas, neraca, dan laporan hasil usaha.
Standar akuntansi baru tersebut, mencerminkan sebuah perubahan besar mengenai pendekatan dalam akuntansi China dalam arti bahwa semua perusahaan sekarang dituntut untuk mematuhi serangkaian prinsip akuntansi yang terpadu. Tetapi, yang paling signifikan adalah isi standar baru tersebut, yang mencerminkan era baru dalam akuntansi Cina, yang didasarkan pada pendekatan berorientasi-pasar Barat dan bukan lagi gaya Uni Soviet. Dalam hubungannya dengan sisi praktik, fungsi auditing yang dihapus setelah pendirian RRC, baru bangkit lagi pada 1983 dengan didirikannya Administrasi Audit pemerintah. Demikian juga, The Chinese Institute of Certified Public Accounting baru didirikan lagi oleh pemerintah 1988. Dengan pesatnya reformasi akuntansi, akhir-akhir ini Cina mengalami kekurangan akuntan.

Pengukuran Akuntansi
Metode penilaian wajib digunakan untuk mencatat penggabungan usaha dan goodwiil harus dihapusbukukan selama tidak lebih dari 10 tahun. Metode ekuitas digunakan jika kepemilikan terhadap perusahaan lain lebih 20%. Biaya historis merupakan dasar untuk menilai aktiva berwujud, FIFO, rata-rata, dan LIFO merupakan metode penentuan biaya (persediaan) yang diperbolehkan. Aktiva tidak berwujud dicataberdasarkan harga perilehannya dan diamortisasi selama tidak lebih dari 10 tahun. Biaya penelitian dan pengembangan dibebankan langsung.

Sistem Akuntansi Keuangan Negara India
Karena warisan dari Inggris, standar akuntansi India berfokus pada kebutuhan investor. Pada tahun 1949, dibentuk Institute of Chartered Accountants in India (ICAI). Kemudian, didirikan Accounting Standard Board (ASB) untuk merumuskan standar - standar akuntansi dalam membantu Council of the ICAI dalam menciptakan serta memodifikasi standar - standar akuntansi di India.
Dari 1947 sampai dengan akhir 1970-an, karakteristik ekonomi India adalah perencanaan gaya sosialis pemerintah pusat dan industri substitusi impor. Kegagalan ekonomi memaksa pemerintah bergeser ke ekonomi terbuka pada 1991. Ini mendorong India untuk melakukan konvergensi, dan pada 2006 pemerintah India mengumumkan niatnya untuk mengintroduksi undangan - undangan perusahaan baru yang komprehensif yang meliputi penggabungan standar - standar akuntansi yang diterbitkan oleh ASB dengn IFRS (termasuk di dalamnya adalah IAS). ASB memberikan perimbangan IFRS yang diterbitkan oleh ASB serta mencoba sedapat mungkin untuk mengimplementasikannya ke dalam standar - standar mereka, dengan memperimbangkan lingkungan di India. 

Sistem Akuntansi Keuangan Meksiko
Meksiko memiliki panutan dalam hal standar akuntansi yang digunakan. Standar akuntansi yang digunakan oleh meksiko ialah IASB, bagi meksiko IASB merupakan panduan dalam menyelasaikan permasalahan mengenai akuntansi yang terjadi.
Aturan yang diterapkan oleh negara meksiko dengan ifrs (international Financial Reporting Standards) terdapat kesamaan dalam sistem akuntansinya, terutama pada kerangka dasar penyusunan laporan keuangan, diantaranya ialah: Neraca, Laporan Laba Rugi, Laporan Perubahan Ekuitas Pemegang Saham, Laporan Perubahan Dalam Posisi Keuangan, dan Catatan Atas Laporan Keuangan. Sedangkan Meksiko tidak menganut Laporan Arus Kas dalam kerangka dasar penyusunan laporan keuangannya.
Patokan akuntansi yang diterapkan oleh negara Meksiko masih mengikuti pengaruh yang lama ialah yang berasal dari Amerika Serikat dan pengaruh yang terbaru ialah dari IASB (International Accounting Standard Board), sehingga praktik pelaporan keuangan pada negara tersebut selalu berorientasi pada keadilan.

Pengukuran Akuntansi
Ada beberapa metode yang digunakan dalam pengukuran akuntansi antara lain:
1. Metode ekuitas digunakan untuk apabila terdapat pengaruh, tetapi bukan kendali yang umumnya berarti besarnya kepemilikan berkisar antara 10 hingga 50 %.
2. Usaha patungan dapat dikonsolidasikan secara proporsional atau dicatat dengan menggunakan metode ekuitas.
3. Meksiko telah mengadopsi Standar Akuntansi Internasional no.2 mengenai transaksi mata uang asing.
4. Metode akuntansi pembelian dan penyatuan kepemilikan untuk penggabungan usaha dapat digunakan, tergantung pada keadaannya. Jika mayoritas pemegang saham perusahaan yang diakuisisi tidak terus mempertahankan kepemilikan dalam usaha tersebut maka metode pembelian yang digunakan, jika ya, metode penyatuan kepemilikan yang digunakan.

Referensi:
Sunandi dan Danang Sunyoto. 2015. Akuntansi Internasional. Jakarta: PT BUKU SERU.
Choi, F.D.S. Dan G.K. Meek. 2012. International Accounting. Buku 1 Edisi 6. Jakarta: Salemba  Empat.

Tulisan Ini Untuk Memenuhi Tugas Softskill Mata Kuliah Akuntansi Internasional
Dosen : Jessica Barus, SE., MMSI.
Nama : Fatmawati
Universitas Gunadarma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar