PEMASARAN
Pemasaran merupakan tugas terakhir dari kegiatan ekonomi dalam memuaskan kebutuhan hidup manusia. Pemasaran memiliki aspek yang berbeda bagi setiap individu. Pemasaran berfungsi untuk menemukan barang dan jasa yang di butuhkan oleh manusia serta menjual barang dan jasa tersebut ke tempat konsumen berada pada waktu yang diinginkan, dengan harga yang terjangkau tetapi tetap menguntungkan bagi perusahaan yang memasarkan.
v
Pengertian Pasar dan Pemasaran
Pasar adalah tempat pertemuan antara
penjual dan pembeli, atau lebih jelasnya, daerah, tempat, wilayah, area yang
mengandung kekuatan permintaan dan penawaran yang saling bertemu dan membentuk
harga.
Pemasaran
memiliki arti yang berbeda-beda:
1.
Menurut kotler, pemasaran adalah kegiatan manusia untuk
memenuhi kebutuhan dan
keinginan melalui proses pertukaran.
2.
Menurut stanton, pemasaran meliputi seluruh sistem yang
berhubuungan dengan kegiatan untuk merencanakan dan menentukan harga, hingga
mempromosikan dan mendistribusikan barang atau jasa yang dapat memuaskan
kebutuhan pembeli, baik yang aktual maupun potensial.
3.
Menurut American
Marketing Asociation, pemasaran merupakan pelaksanaan kegiatan usaha niaga yang
di arahkan pada arus aliran barang dan jasa dari produsen ke konsumen.
Dengan demikian, dapat disimpulkan
bahwa pemasaran adalah proses perpindahan barang dan/jasa dari produsen ke
konsumen, atau semua kegiatan yang berhubungan dengan arus barang dan/ jasa
dari produsen ke konsumen.
v
Konsep-Konsep Inti Pemasaran
Secara lebih luas, pemasaran dapat diterjemahkan
sebagai suatu proses sosial dan manajeria dimana individu dan kelompok
memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan cara menciptakan dan
mempertukarkan produk dan nilai dengan pihak lain.
Konsep-Konsep inti pemasaran :
Konsep-Konsep inti pemasaran :
·
Kebutuhan
Konsep paling pokok yang melandasi
pemasaran adalah kebutuhan manusia. Kebutuhan adalah suatu keadaan perasaan
yang membutuhkan pemenuhan terhadap sesuatu, seperti makanan, pakaian,
perumahan, harga diri, rasa aman, dan kasih sayang.
·
Keinginan
Konsep pokok kedua dalam pemasaran adalah yang menyangkut keinginan manusia, yaitu kebutuhan yang di bentuk oleh budaya dan pribadi seseorang.
Konsep pokok kedua dalam pemasaran adalah yang menyangkut keinginan manusia, yaitu kebutuhan yang di bentuk oleh budaya dan pribadi seseorang.
·
Permintaan
Keinginan manusia akan menjadi permintaan apabila di dukung oleh daya beli. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa permintaan adalah kebutuhan/keinginan manusia yang didukung olehh daya beli.
Keinginan manusia akan menjadi permintaan apabila di dukung oleh daya beli. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa permintaan adalah kebutuhan/keinginan manusia yang didukung olehh daya beli.
·
Produk
Produk adalah sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk mendapatkan perhatian, untuk dimiliki, digunakan, ataupun dikonsumsi dalam rangka memenuhi kebutuhan atau keinginan.
Produk adalah sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk mendapatkan perhatian, untuk dimiliki, digunakan, ataupun dikonsumsi dalam rangka memenuhi kebutuhan atau keinginan.
·
Pertukaran
Pemasaran terjadi apabila orang memutuskan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya melalui pertukaran. Pertukaran adalah kegiatan untuk memperoleh barang/jasa yang diinginkan dari pihak lain dengan memberikan sesuatu sebagai gantinya.
Pemasaran terjadi apabila orang memutuskan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya melalui pertukaran. Pertukaran adalah kegiatan untuk memperoleh barang/jasa yang diinginkan dari pihak lain dengan memberikan sesuatu sebagai gantinya.
·
Transaksi
Transaksi mengandaikan adanya nilai-nilai yang dipertukarkan diantara dua pihak.
Transaksi mengandaikan adanya nilai-nilai yang dipertukarkan diantara dua pihak.
·
Pasar
Pasar adalah himpunan pembeli nyata dan pembeli potensial atas suatu produk. Sebuah pasar dapat timbul disekitar produk (barang/jasa) yang bernilai.
Pasar adalah himpunan pembeli nyata dan pembeli potensial atas suatu produk. Sebuah pasar dapat timbul disekitar produk (barang/jasa) yang bernilai.
v
Manajemen Pemasaran
·
Keadaan permintaan dan tugas pasar
1)
Permintaan negatif (negative demand)
Sebagaian besar pasar tidak menyukai
produk, bahkan berupaya untuk menghindarinya. Pemasaran adalah menganalisis
mengapa pasar tidak menyukai produk.
2)
Tidak ada permintaan (no demand)
Konsumen sasaran dapat saja tidak
tertarik terhadap produk yang ditawarkan karena merasa tidak memiliki kepentingan
terhadap manfaatnya.\
3)
Permintaan terpendam (latent demand)
Banyak konsumen yang memiliki hasrat
kuat terhadap sesuatu yang tidak dapat dipuaskan oleh produk atau jasa yang
ada. Tugas pemasar adalah mengukur besarnya pasar potensial ini dan
mengembangkan barang serta jasa yang akan memuaskan permintaan terhadap produk
tersebut.
4)
Permintaan yang menurun (falling demand)
Setiap organisasi, cepat atau lambat,
menghadapi menurunnya permintaan terhadap satu atau lebih produknya. Pemasar
harus menganalisis sebab-sebab penurunan pasar dan menentukan apakah permintaan
dapat dirangsang kembali.
5)
Permintaan yang tidak teratur (irregular demand)
Banyak organisasi menghadapi
permintaan yang berubah-ubah menurut musim, hari atau bahkan jam, sehingga
penggunaan kapasitas pun menjadi berkurang.
6)
Permintaan penuh (full demand)
Suatu organisasi menghadapi
permintaan penuh apabila organisasi itu puas terhadap volume usaha atau hasil
yang telah dicapainya. Tugas pemasaran adalah mempertahankan tingkat permintaan
ini di tengah perubahan selera konsumen serta meningkatnya persaingan.
7)
Permintaan yang berlebihan (overfull demand)
Beberapa organisasi menghadapi tingkat
permintaan yang lebih tinggi daripada yang dapat atau ingin dilayaninya. Tugas
pemasaran adalah melakukan demarketing, yaitu menemukan cara untuk mengurangi
permintaan sementara maupun permanen seperti dengan menaikkan harga,,
mengurangi promosi.
8)
Permintaan yang tidak sehat (unwholesome demand)
Produk-produk yang tidak sehat akan
memunculkan upaya yang terorganisasi untuk mengurangi ataupun mencegah
penggunaanya. Tugas pemasar adalah mengajak orang-orang yang menggemari produk
ini untuk mengurangi atau meninggalkannya dengan peningkatan harga.
·
Falsafah manajemen pemasaran
Falsafaf tersebut diimplementasikan
dalam bentuk konsep untuk memudahkan pemahaman. Sehubungan dengan itulah
dikenal lima konsep dalam manajemen pemasaran, yaitu:
a)Konsep
Produksi
b) Konsep
produk
c)Konsep
penjualan
d) Konsep
pemasaran
e)Konsep
pemasaran kemasyarakatan
v
Bauran Pemasaran
Bauran pemasaran adalah kegiatan
pemasaran yang terpadu dan saling menunjang satu sama lain. Empat kebijaksanaan
pemasaran yang sering disebut konsep empat P atau bauran pemasaran (marketing
mix) adalah produk (product), harga(price), saluran distribusi (place), dan
promosi (promotion).
·
Produk (product)
Produk adalah barang atau jasa yang
bisa ditawarkan dipasar untuk mendapatkan perhatian, permintaan, pemakaian atau
konsumsi yang dapat memenuhi keinginan atau kebutuhan.
·
Harga (price)
Harga adalah sejumlah kompensasi
(uang maupun barang, kalau mungkin) yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah
kombinasi barang atau jasa.
·
Saluran distribusi (place)
Saluran distribusi adalah saluran
yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan produk sampai ke konsumen atau
berbagai aktivitas perusahaan.
·
Promosi (promotion)
Promosi adalah bagian dari bauran
pemasaran yang besar peranannya.
v
Tujuan sistem Pemasaran
1.
Memaksimalkan konsumsi
2.
Memaksimalkan kepuasan konsumen
3.
Memaksimalkan pilihan
4.
Memaksimalkan kualitas hidup
v
Pendekatan Dalam Mempelajari Pemasaran
1.
Pendekatan serba barang (Commodity Approach)
Merupakan pendekatan yang melibatkan
studi tentang bagaimana produk-produk tertentu.
2.
Pendekatan institusi (Institutional)
Pendekatan serba lembaga ini
mempelajari pemasaran dari segi organisasi/lembaga-lembaga yang terlibat dalam
kegiatan pemasaran.
3.
Pendekatan fungsional (functional approach)
Jumlah dan macam fungsi ini tergantung
pada macam produk dan kebiasaan dalam perdagangan.
4.
Pendekatan manajerial (Managerial Approach)
Pendekatan ini mempelajari pemasaran
berdasarkan pendapat manajer serta keputusan yang diambilnya.
5.
Pendekatan sosial (social Approach)
Pendekatan sosial memberi perhatian
kepada konstribusi sosial dan biaya yang timbul
akibat aktivitas pemasaran.
Sumber : Baker,
James C., International finance: management, markets, and institutions, New
Jersey:Prentice Hall, 1998
Fuad
M,dkk,PT.Gramedia Pustaka Utama:Pengantar bisnis,Jakarta pusat:Salemba,2003
Tidak ada komentar:
Posting Komentar